Kenali 3 Jenis Oli Mesin Mobil yang Tersedia di Pasaran

Kenali 3 Jenis Oli Mesin Mobil yang Tersedia di Pasaran



Saat ini, ada banyak pilihan oli atau pelumas untuk mesin mobil yang tersedia di pasaran dengan berbagai merek. Hal ini disebabkan oleh perkembangan industri otomotif yang semakin maju.

Setiap produsen oli hadir dengan harga yang berbeda-beda dan menawarkan kelebihan-kelebihan sebagai daya tarik untuk menarik minat konsumen. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang oli agar dapat membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan mereka.

Pengetahuan ini sangat penting, terutama bagi mereka yang suka melakukan penggantian oli sendiri. Bagi mereka yang secara rutin mengunjungi bengkel resmi, biasanya oli sudah termasuk dalam paket layanan berkala.

Menurut Fathona Shorea Nawawi, Coordinator Product Development Specialist Pertamina Lubricants, saat ini terdapat tiga jenis oli mesin mobil yang tersedia di pasaran, yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan oli full sintetik. Pemilik kendaraan harus memahami perbedaan dan karakteristik dari masing-masing jenis oli ini untuk menentukan mana yang paling cocok digunakan untuk mobil mereka.

"Oli mineral terbuat dari bahan yang diperoleh dari olahan minyak bumi. Oli mineral umumnya cocok untuk mobil yang diproduksi sebelum tahun 1990," kata Fathona dalam keterangan resminya.

Sementara itu, oli sintetik merupakan kombinasi antara bahan base oil sintetik dan bahan mineral. Biasanya, kombinasi base oil ini memiliki rasio antara 80:20 atau 70:30. Jenis oli ini cocok untuk mobil yang diproduksi pada tahun 2000-an.

Oli full sintetik, di sisi lain, merupakan jenis oli yang paling unggul dibandingkan dengan kedua jenis sebelumnya. "Oli full sintetik mengandung polyalphaolefin (PAO) yang membantu melindungi mesin dari panas dan gesekan dengan lebih baik daripada oli mineral dan oli semi sintetik, sehingga interval penggantian oli bisa lebih lama," ujar Fathona.

Menurutnya, oli full sintetik cocok digunakan pada mesin-mesin modern, terutama mobil yang diproduksi pada tahun 2010 ke atas dan telah menggunakan teknologi baru.
Donate Help donate if the article is useful. Donations will be used to renew the domain, Thank you.
Baca Juga
SHARE
LATEST Older
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment